Selasa, 19 April 2016

Semut Jepang, Si Kecil Yang Banyak Manfaatnya

11 Rahasia di Balik Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Semut Jepang - Saat ini semut Jepang masih belum familiar bagi masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka jika semut ini memiliki banyak khasiat dan manfaat. Ketidaktahuan masyarakat akan manfaat dan kegunaan semut Jepang menyebabkan pembiakan semut jenis ini masih terbilang langka di Indonesia. Semut Jepang juga memiliki nilai jual yang terbilang mahal bagi sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mulai mencari semut ini untuk diambil manfaatnya, sedangkan ketersediaan semut jenis ini masih terbilang langka di pasaran.
Semut Jepang
Beberapa waktu belakangan ini semut Jepang sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena manfaat dan khasiatnya yang mulai diketahui. Di negara asalnya, masyarakat Jepang kerap memberikan semut ini sebagai oleh-oleh atau diberikan sebagai cinderamata kepada wisatawan, karena mereka sudah mengerti manfaat dan khasiat dari semut Jepang.
Semut Jepang memiliki perbedaan dibandingkan dengan semut yang ada di Indonesia. Jika dilihat dari segi fisik, semut Jepang terlihat lebih besar dan lebih berisi. Semut ini memiliki lebih dari 150 macam dan secara keseluruhan mereka memiliki ciri-ciri fisik yang mirip. Semut Jepang juga hidup secara berkelompok, sama seperti semut lain pada umumnya.
Kandungan Semut Jepang
Berdasarkan hasil penelitian dan riset beberapa dokter, diketahui bahwa semut Jepang memiliki kandungan yang dapat berguna untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan tersebut antara lain protein, asam amino, asam laktat, asam hialuronat, enzym hmes, dan masih banyak lainnya. 
Khasiat dan Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Penyakit
Berikut penjabaran tentang khasiat dan manfaat semut Jepang untuk obat penyakit dan kesehatan lainnya:
1. Manfaat Semut Jepang untuk Mengatur Kadar Kolesterol
Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita namun tidak sedikit dari kita yang mengkonsumsi kolesterol secara berlebihan. Misal mengkonsumsi makanan-makanan bersantan atau juga makanan laut (seafood) yang terkenal tinggi kolesterol.
Semut Jepang bisa membantu mengaturnya baik untuk penderita kolesterol tinggi maupun normal. Semut Jepang bermanfaat untuk membuat tingkat kolesterol di darah menjadi normal, khususnya untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi pada darah.
2. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Penyakit Jantung
Semut Jepang juga dipercaya bisa meringankan dan mengobati penyakit jantung. Penyakit  yang bisa menyerang berbagai usia ini, memang penyakit yang berbahaya karena bisa menghilangkan nyawa manusia secara mendadak. Untuk khasus ini silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.
3. Manfaat Semut Jepang untuk Obat Diabetes
Semut memang suka sekali dengan gula namun semut Jepang dipercaya bisa membantu mengatur jumlah gula dalam tubuh kita, khususnya untuk penderita penyakit gula alias diabetes. Semut Jepang akan menghilangkan gula dalam darah yang berlebihan. Membuat jumlah gula di darah menjadi stabil, sangat cocok bagi orang yang terserang penyakit diabetes.
4. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Darah Tinggi
Zat enzim pada semut Jepang akan membantu mengatur tekanan darah sehingga pennyakit tekanan darah tinggi tidak akan berlanjut ke penyakit lainnya. Membuat tekanan darah menjadi stabil, khususnya bagi orang yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi
5. Manfaat Semut Jepang untuk Menambah Vitalitas
Bagi Anda yang mempunyai aktivitas yang padat dan membutuhkan energi ekstra dalam berkegiatan rutin. Semut Jepang bisa menjadi vitamin dalam tubuh yang menambah vitalitas baik pria maupun wanita. Semut Jepang akan menambah stamina dan kekuatan dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih segar.
6. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Penyakit Hati
Penderita penyakit hati seperti liver juga bisa mengkonsumsi semut Jepang untuk obat. Semut Jepang dipercaya bisa meringankan penyakit hati atau setidaknya tidak membuat penyakit hati kambuh lebih sering.
7. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Asam Urat
Saat ini orang dewasa seiring bertambahnya usia, sangat banyak yang mengalami penyakit asam urat. Asam urat diakibatkan oleh beragam faktor dan yang paling sering adalah karena pola hidup yang kurang baik.
Semut Jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat. Meringankan dan mengobati penyakit asam urat, khusus orang dengan kadar asam urat tinggi di tubuh.
8. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Stroke
Semut Jepang juga mempunyai manfaat untuk membantu mengobati penyakit stroke. Tentunya juga sesuai dengan tingkatan penyakit stroke itu sendiri. Jika stroke sudah masuk ke dalam tingkatan yang tinggi, semut Jepang bisa saja tidak dapat mengobati namun hanya meringankan.
9. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Oestoporosis
Khasiat semut Jepang menolong menyembuhkan penyakit pengapuran tulang. Penyakit yang umum menyerang persendian juga pada tulang orang saat ini yang disebut juga oestoporosis atau umum dinamakan dengan pengapuran tulang atau umum juga orang menyebutnya dengan tulang rawan.
Penyakit yang kerap menyerang orang berumur lanjut ini dikarenakan oleh penurunan ketebalan tulang akibat terjadinya rusaknya pada tulang.
Bila kamu sekarang ini tengah mengalami atau menderita pengapuran tulang, mulai sekarang ini kamu tak perlu ribet lagi mencari obat-obatan kimia lantaran saat ini sudah ada obat pengapuran tulang alami yaitu semut Jepang.
Kandungan enzim dalam semut Jepang bisa jadikan satu diantara jalan keluar untuk menyembuhkan penyakit ini.
10. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Demam
Semut Jepang bermanfaat juga untuk menyembuhkan seorang yang demam, seperti yang telah diterangkan diatas kalau semut Jepang mempunyai zat yang dapat memperingan bahkan juga menyembuhkan demam yang tengah dihadapi.
11. Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan Hernia
Khasiat semut Jepang juga bisa menyembuhkan penyakit hernia. Hernia yaitu penyakit yang muncul akibat ada organ badan yang menghimpit serta mencuat melalui otot. Otot yang umumnya cukup kuat untuk menahan organ badan mendadak saja melemah yang setelah itu bakal menyebabkan hernia.
Cara penyembuhan alternatif memakai semut Jepang bisa jadi satu diantara jalan keluar ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini.
Dari khasiat dan manfaat semut Jepang di atas, akan lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter mengenai penyakit yang diderita. Karena semut Jepang yang memang telah banyak dijual bisa menjadi obat alternatif untuk solusi penyakit yang sedang Anda derita.
Tidak hanya itu, semut Jepang juga menjadi obat herbal atau anti kimia karena zat enzim yang alami.
Efek Samping Semut Jepang
Efek samping dari penggunaan semut Jepang sampai saat ini memang belum dijelaskan secara mendalam, tetapi kemungkinan bisa terjadinya gangguan pencernaan. Dan yang harus menjadi perhatian utama adalah efek dari penggunaan suatu zat tertentu itu sangat bergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Efek yang diterima bisa memberikan implikasi positif bagi tubuh, di samping ada pula efek lain yang mungkin tidak dikehendaki, terlebih jika digunakan secara berlebihan.
Dalam beberapa ulasan disebutkan bahwa beberapa orang akan mengalami rasa ngilu setelah mengkonsumsi semut Jepang secara berlebihan serta tidak bisa tidur. Tidak semua orang mengalami efek samping, sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Penggunaan dan dosis yang tepat untuk semua jenis pengobatan adalah yang terpenting untuk dilakukan, tidak terkecuali pengobatan dengan menggunakan media semut Jepang.
Cara Mengkonsumsi Semut Jepang
Jadi cara mengkonsumsi semut Jepang dibagi menjadi 2, yaitu langsung perantara dan langsung.
1. Konsumsi Semut Jepang Secara Langsung
Mengkonsumsi Semut Jepang Secara Langsung memakai air putih merupakan cara yang paling sering dilakukan, karena efek yang timbul dengan cara ini akan langsung terasa di tubuh.
2. Memakan Semut Jepang Menggunakan Perantara
Bagi Anda yang awalnya masih merasa jijik ataupun geli saat mengkonsumsi Semut Jepang, bisa mengkonsumsinya memakai kapsul kosong yang terbuat dari rumput laut yang dapat dibeli di apotik terdekat.

Khasiat dan manfaat semut Jepang memang diyakini bisa membantu mengobati beberapa penyakit. Sesuai asalnya, semut Jepang hidup di iklim negara Jepang yang berbeda dengan iklim  di Indonesia. Namun kembali lagi kesehatan ada di tangan Anda sendiri. Disarankan Anda lebih baik berkonsultasi kepada dokter atau orang yang ahli terlebih dahulu, apakah Anda cocok untuk mengkonsumsi semut Jepang.
Demikianlah sebagian manfaat semut Jepang bagi tubuh manusia, sangat luar biasa bukan? Anda bisa menjadikan semut Jepang ini sebagai pilihan pengobatan yang alami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar